style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-7011614236206000"
data-ad-slot="9734650575"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">

Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo


Air Terjun Kakek Bodo memiliki di ketinggian 850 meter dari permukaan laut dan memiliki ketinggian tirai air sekitar 40 meter.  Air terjun ini terletak di kawasan wisata Tretes tepatnya di lereng Gunung Welirang di pegunungan Prigen, Jawa Timur, Indoesia.

Di kawasan air terjun kakek bodo ini memiliki tiga titik pancuran air terjun lainnya yang bisa ditemui dalam perjalanan lintas hutan di kawasan wisata yang terletak di Tretes Jawa Timur itu, diantaranya Air Terjun Alap-Apalap dengan ketinggian 40 meter, Air Terjun  Putuk Truno dengan ketinggian 45 meter, dan satu lagi Air Terjun Sengguruh dengan ketinggian 30 meter.

Asal mula penamaan Air terjun Kakek Bodo ini yaitu dahulu kala ada seorang kakek yang di sebut dengan kakek yang bodoh (bodo). Menurut cerita masyarakat setempat "Kakek Bodo" adalah seorang pembantu rumah tangga dari  keluarga Belanda. Dia seorang yang saleh dan jujur. tetapi dia di anggap remeh alias kakek tolol oleh kelurga belanda tersebut  sehingga dia  meninggalkannya untuk mensucikan diri dan meninggalkan masalah duniawi dengan cara bertapa (bersemedi).
 

Sang kakek memiliki kelebihan/kesaktian setelah dia bertapa (bersemedi) dan digunakan untuk membantu masyarakat setempat yang membutuhkan pertolongan. Pada akhirnya Kakek Bodo meninggal di tempat bertapa, dan makamnya sampai saat ini dijadikan sebagai makam keramat oleh penduduk sekitar dan banyak dikunjungi para pejiarah dari berbagai kota besar. Menurut sang juru kunci, makam Kakek Bodo juga sering dikunjungi para pejabat besar.

DFP