style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-7011614236206000"
data-ad-slot="9734650575"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">

4 Jenis Wisata Bernuansa Berbeda di Sekitar Alun-Alun Tuban

Alun-Alun Tuban wisata
Alun-Alun Tuban : via www.affandybw-fisip11.web.unair.ac.id
Wisata Tuban, apabila anda berkunjung ke kota yang mempunyai sebutan bumi ronggolawe ini anda akan mendapatkan 1 lokasi tempat dengan beberapa nuansa wisata yang berbeda. Dimanakah itu ?..Tepatnya di pusat kota, telah kita ketahui bahwa setiap kota pasti mempunyai sebuah alun-alun. Kebanyakan alun-alun dihiasi taman yang tertata apik dengan begitu alun-alun bisa dijadikan sebaga wisata santai keluarga, begitupun dengan alun-alun dikota tuban. Tak jauh dari alun-alun tuban terdapat beberapa tempat wisata yang bernuansa berbeda. Berikut ini 4 Tempat Wisata di Sekitar Alun-Alun Kota Tuban yang masing-masing memilik nuansa yang berbeda.


1. Wisata Religi Masjid Agung Tuban
Masjid Agung Tuban Merupakan ikon masjid dikota tuban yang bisa dijadikan wisata religi bagi wisatan yang berkunjung ke kota tuban. Masjid ini cukup megah berdiri kokoh ditengah kota. Biasanya masjid ini dikunjungi wisatawan yang berziarah ke makam sunan bonang tuban. Selain sebagai wisata religi “masjid agung tuban” juga merupakan wisata edukasi yang menyimpan sejarah panjang dimasa lampau baik dalam masa pembangunan maupun peradaban agama dan pemerintahan di tuban masjid agung menjadi saksi bangunan yang masih berdiri kokoh sampai saat ini. Letak “masjid agung tuban” berada tepat di sebelah barat alun-alun kota tuban.

2. Wisata Religi Ziarah Makam Sunan Bonang Tuban
Masih disekitar alun-alun kota tuban, terdapat sebuah makam wali yaitu wali allah Syeh Makhdum Ibrahim atau yang sering dikenal sebagai “sunan bonang”. Wisata yang bernuansa religi ini sangat ramai dikunjungi wisatawan dari lokal juga dari berbagai kota di Indonesia sampai internasional. Selain tujuan berwisata para pengunjung juga berdo'a, tahlil kirim do'a ke wali allah tersebut serta beristigosah ngalap berkah dari kemasyhuran seorang wali yang dikenal tokoh sakral ditanah jawa. Letak Wisata Religi Ziarah Makam Sunan Bonang Tuban ini juga di sebelah barat alun-alun kota tuban tepatnya berada di belakang masjid agung. Tentang wisata religi ini Selengkapnya dapat anda baca pada artikel berikut tentang Wisata Religi dan Sejarah Sunan Bonang Tuban.

3. Wisata Museum Kambang Putih tuban
Setiap daerah pasti mempunyai sejarah masa lampau, Begitupun dengan Kota tuban yang merupakan kota peradaban kerjaan-kerajaan masa Majapahit dan kerajaan-kerajaan dinusantara lainya. Tentunya benda-benda peninggalan bersejarah terdapat di wilayah ini, benda-benda tersebut biasanya disimpan didalam sebuah tempat yang dinamakan Museum. Dituban sendiri terdapat satu museum yang diberi nama “Museum Kambang Putih” yang dijadikan sebagai objek Wisata Edukasi dan sejarah. Museum Ini dahulunya berlokasi di sekitar pendhopo Kridho Manunggal - Tuban sebelah timur alun-alun. Dengan beberapa alasan diantaranya letak strategisnya lokasi akhirnya sampai saat ini Museum dipindah di sebelah barat kantor bupati tuban. Letaknya sangat strategis yaitu pada pintu keluar masuk tempat wisata ziarah makam sunan bonang. Dengan begitu selain wisatawan berwisata religi ziarah makam wali juga dapat mampir di Museum tersebut untuk menikmati wisata bernuansa sejarah dan edukasi. Benda-benda peninggalan dahulu yang ada disana diantaranya benda-benda peninggalan kerajaan, media dakwah sunan bonang, dan benda-benda arkeolog lainya. Wisata Museum Kambang Putih tuban berlokasi tepatnya sebelah barat daya alun-alun kota toban atau sebelah selatan masjid agung.

4. Wisata Pantai Boom Tuban
Tak jauh dari alun-alun tuban, sekitar 100m kearah utara terdapat wisata bernuansa pantai yang patut anda ampiri. Wisata tersebut dahulu merupakan pelabuhan besar tempat bersandarnya para gujarat-gujarat, saudagar dari negeri seberang yang melakukan pasar barter kala itu. Pelabuhan tersebut juga merupakan tempat bersandarnya kapal para wali yang berlabuh dari berbagai wilayah ditanah jawa yang datang maupun menuntut ilmu dari negeri seberang. Bagaimana anda tertarik juga berwisata laut di Pantai Boom Tuban. Ketahui Panorama Pesona Pantai Boom Tuban.

Selain Ke empat wisata tersebut terdapat pula wisata religi yang tak jauh dari alun-alun pusat kota. Nama wisata ini Sering di sebut masjid dan ponpes perut bumi yang berada di wilayah kelurahan gedongombo tuban tepatnya 2KM dari alun-alun kota kearah Tenggara.

DFP