style="display:block"
data-full-width-responsive="true">

Akses Menuju Air Terjun Gajahan Tuban dari Arah JATIM-JABAR

Akses Menuju  Air Terjun Gajahan Tuban dari Arah JATIM-JABAR
Perjalanan menuju air terjun gajahan : via www.instagramx.com
Ini informasi lanjutan artikel sebelumnya yaitu tentang Pesona Alami Air Terjun Gajahan Ngulahan -  Tambakboyo Tuban.

Jalur Menuju Air Terjun Gajahan Tuban

Bagaiamana Jalur Akses, Rute, Jalan menuju Air Terjun Gajahan ?..
Untuk mencapai lokasi ini lumayan mudah rute perjalananya dibanding air terjun lembah bongok yang ada di montong. Ini karena akses jalur dari tuban ke kec. tambakboyo merupakan jalur pantura Surabaya-semarang yang selalu ramai dilewati kendaraan lalu lalang.

1. Jalur Akses, Rute, Jalan Menuju Air Terjun Gajahan Ngulahan dari Tuban-jawa timur.
Dari pusat kota tuban melewati terminal baru tuban, langsung saja anda lurus kebarat mengikuti jalur pantura Surabaya-semarang atau tuban ke rembang. sampai memasuki kecamatan jenu. Dalam perjalanan dari terminal anda akan
melewati mangrove center [utara jalan] langsung lurus, melewati pasar samudra desa jenu [utara jalan] , lanjut kebarat terus kemudian anda akan menjumpai sebuah hutan atau yang sering dikenal “jati peteng” , sepanjang sekitar 1KM belantara hutan dipinggir jalan raya akan anda temui. Selanjutnya kebarat lagi anda akan melewati pabrik baja tuban dengan tulian “TWS-Tuban Steel Work” sebelah selatan jalan, kebarat lagi sebelah utara jalan akan anda temui jalan menuju PLTU dan PT pertamina, wilayah itu bernama dsn. Pereng Ds.Purworejo. Disekitar wilayah tersebut masuk keutara juga terdapat sebuah pantai yang unik dan keren namanya yaitu Wisata Pantai Pasir Putih Remen yang berlokasi di desa remen kec.jenu.

Lihat Video

Lanjutkan perjalanan anda akan menemukan tulisan “KAWASAN INDUSTRI TUBAN” berwarna kuning yang cukup besar dan megah di pinggir jalan raya selatan jalan. Setelah itu anda akan menjumpai Pelabuhan Semen Gresik (Semen Indonesia) yang ada dituban. Lanjutkan perjalanan anda akan melewati Desa Glondong yang terkenal akan Tempat Pelelangan Ikannya (TPI). Tempat ini merupakan salah satu TPI teramai dan ter produktif di wilayah tuban, letak TPI tersebut di belakang Pasar Tumpah Desa glondong gede. Setelah itu kebarat lagi beberapa meter akan anda jumpai Pelabuhan Semen Holcim (PT.HOLCIM Tuban Plant). Dari situ tinggal beberapa Kilo Meter lagi perjalanan anda untuk sampai lokasi.

Setelah itu anda akan memasuki pusat kecamatan tambakboyo yang terdapat SMKN 1 Tambakboyo [selatan jalan] dan SMA N 1 Tambakboyo [utara jalan], lalu mlewati lapangan dan puskesmas [utara jalan], lalu melewati indomart dan alfamart, berikutnya akan anda temui pasar tambakboyo[utara jalan] . Sesampai melewati pasar coba anda bertanya ke warga sekitar yang bermukim, tanyakan letak “pertigaan mampon” atau “telon mampon” desa mampon. Lah setelah anda menemukan telon mampon belok kiri [selatan jalan]. Dari situ perjalanan anda untuk menuju lokasi tinggal 3KM saja. Dari telon mampon masuk keselatan terus sampai anda melewati beberapa desa yaitu desa Pulo, sotang, desa cokrowati, sebelum memasuki desa cokrowati anda akan menjumpai banyak dump air disepanjang pinggir-pinggir jalan sampai melewati jembatan “kali tempur” baru kemudian masuk desa tsb. saluran bendugan-bendungan tersebut digunakan sebagai irigasi pertanian oleh penduduk sekitar. selain itu di desa cokrowati juga terdapat sarang kalong (spesies kelelawar besar), sarang tersebut dipohon gedrik (pohon kramat), dari jalan cokrowati anda dapat melihat ratusan kalong bergelantungan. setelah cokrowati lalu lewat desa belikanget. Desa belikanget ini memiliki lokasi sumber mata air hangat seperti halnya Wisata Sumber Nganget Bangilan yang bisa dijadikan obat berbagai penyakit kulit dan sekedar relaxasi menghilangkan pegal-pegal. Cuma disini Cuma trdapat 1 kolam saja. Kalo anda capek perjalanan bisa mampir sekedar cuci muka atau mandi dikolam yang berisi air hangat dari sumber alami. Setelah melewati desa belikanget lalu desa mander, lanjut desa silir lalu belok kanan trus belok kiri sampailah di desa Ngulahan tempat lokasi air terjun gajahan tujuan dari travelling anda.

Saran saja ketika anda masuk pertigaan mampon keselatan cobalah anda bertanya ke warga sekitar agar tidak tersesat karena jalan disana banyak tikungan atau jalan bercabang. Selalu ingat pepatah “Malu Bertanya Sesat Dijalan” . Bertanyalah kalo memang tidak tahu, siapkan mental, siapkan kendaraan, siapkan bekal, dan siapkan mata dan jiwa anda menikmati Eksotisme alam dari Pesona Kindahan Air Terjun Gajahan yang masih sangat lami.

2. Jalur Menuju Air Terjun Gajahan dari Arah Semarang - Rembang - Jawa tengah.
Dari kota rembang langsung saja anda mengikuti jalur pantura Surabaya-tuban melewati perbatasan jawa timur-jawa tengah sampai desa bulu-kec.bancar lalu setalah itu masuk kawasan wilayah kecamatan tambakboyo. Sesampai masuk kawasan wilayah tambakboyo coba anda bertanya ke warga sekitar yang bermukim, tanyakan letak “pertigaan mampon” atau “telon mampon” desa mampon. Lah setelah anda menemukan telon mampon belok kiri [selatan jalan]. Dari situ perjalanan anda untuk menuju lokasi tinggal 3KM saja. Dari telon mampon masuk keselatan terus sampai anda melewati beberapa desa yaitu desa Pulo, sotang, desa cokrowati, belikanget, desa mander, desa silir kemudian setelah itu sampailah di desa Ngulahan tempat lokasi air terjun gajahan tujuan dari travelling anda.

3. Jalur Menuju Air Terjun Gajahan dari Arah Jakarta - jawa barat
Apabila anda dari jakarta atau jawa barat anda bisa berkendara atau menaiki transportasi dari arah jawa barat ke jawa timur atau ke jawa tengah. Setelah sampai di wilayah jawa tengah silahkan anda ikuti rute [2] sebelumya diatas.

Tak jauh dari Air Terjun Gajahan Ngulahan Kec.Tambakboyo terdapat juga destinasi wisata pantai di Tuban yang layak anda kunjungi, yaitu Wisata Pantai Sowan yang ada di Desa Sowan Kecamatan Bancar yang Letaknya Sekitar 5KM dari Kec.Tambakboyo.
keindahan Air Terjun Gajahan Tuban
Selfi ria di air terjun gajahan : via www.facebook.com
Mungkin di daerah tempat tinggal anda juga terdapat sebuah objek alam yang menarik untuk dijadikan sebuah wisata, namun belum ter expose atau belum dikenali masyarakat luas. Tenang….!!! Cukup Tuliskan nama objek tersebut, Lokasi tempat, serta jalur akses menuju lokasi tsb. Apabila lokasi tersebut tersimpan sejarah dari pembangunanya, sertakan juga cerita sejarahnya ya.
Kemudian Kirimkan Tulisan anda ke email: tubantravell@gmail.com untuk dapat dimuat didalam weblog ini. Dengan begitu wilayah anda bisa dikenali oleh khayalak umum sebagai sebuah daerah yang menyimpan sebuah destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi seluruh masyarakat tuban khususnya, pada umumnya seluruh masyarakat Indonesia dan dunia. Jangan Lupa Sertakan juga FOTO keindahan dari tempat tsb.